Friday, 4 March 2016

Rio, F1, dan Kearifan Lokal Indonesia di Mata Dunia

Share it Please




Melihat berita di atas, gue merasa bangga sekaligus salut dengan Rio Haryanto. Awal mula perjuangannya di dunia balap mobil bener-bener enggak gampang. Bayangin aja, ia dipandang sebelah mata awalnya. Ketika juara di GP Turky, lagu Indonesia Raya aja enggak ada di playlist panitia sampe akhirnya Rio nyanyi lagu itu sendiri pake mulut.

Namun siapa sangka, bocah ingusan yang dipandang sebelah mata itu, kini bisa mengendarai mobil F1, mobil balap paling mahal di dunia. Berkat kerja kerasnya dan doa ibu, Rio bisa menembus F1 dan menjadi satu-satunya orang Asia yang berlaga di F1 2016 ini.

Di umurnya yang 23 tahun ini, Rio sudah bisa balap F1, sedangkan gue di umur 23 tahun nyalip emak-emak naek matic aja enggak mampu. Lemah!


Walau sudah resmi menjadi pembalap Manor Racing Team Mercedes (MRT Mercedes), Rio masih kesulitan dana untuk menjadi mahar. Rio harus membayar ke Tim MRT Mercedes sebesar 15 juta euro. Kini Rio baru menyetor 5 juta euro. Penjabarannya: 3 juta euro berasal dari dana pribadi menejemen Rio termasuk penggalangan, 2 juta lainnya disponsori Pertamina. Setelah tiga kali race, Pertamina kembali akan membayar 3 juta euro lagi. Sehingga total Pertamina mensponsori Rio mencapai 5 juta euro. Kalau dirupiahkan silahkan hitung sendiri. Satu euro sama dengan Rp 14.429.

Namun, angka tersebut masih jauh dari yang diinginkan MRT Mercedes yakni 15 juta euro. Kini kemenpora masih membantu penggalngan dana untuk Rio termasuk melobi Garuda Indonesia. Gitu sih menurut informasi yang gue dapet.

Gue sangat excited banget dengan kabar Rio. Tiap hari gue selalu kepo dengan berita terbaru tentang Rio. Tiap berita olahraga MetroTV muncul, gue selalu nonton dari awal karna takut ketinggalan berita tentang Rio. Begitu pula berita di internet yang selalu gue ikutin perkembangannya.

Gue bangga sama Rio. Dia orang Indonesia pertama yang menembus F1. Sifatnya kalem, ekspresi wajahnya adem, walau banyak nyengir tapi enggak bikin ilfil. Kalo gue seorang cewek, pasti syawat gue sudah bergejolak tiap melihat Rio ditelevisi.

Namun gue kecewa karna Rio kesulitan dukungan dana dari Indonesia. Di sisi lain, perusahaan maupun kementrian dari negara lain sudah menawarkan bantuan dana kepada Rio dan ingin bekerjasama sebagai sponsornya di F1. Pemerintah Pariwiasata Malaysia sudah menghubungi Rio menawarkan kerjasama sekaligus mendanai, begitu juga perusahaan dari Jepang dan Singapura. Mereka sangat sigap ingin bekerjasama dengan Rio. Gue agak kecewa kenapa pihak luar begitu semangat mendanai Rio, tapi pihak Indonesia masih belum nampak keinginan membantu Rio. Untuk Pertamina, gue sudah salut karna mau membantu, walau sistem pembayarannya dicicil.

Di sisi lain gue berandai-andai. Seandainya perusahaan-perusahaan besar di Indonesia seperti halnya pihak Malaysia, Singapura, dan Jepang yang dengan cepat dan sigap membantu menjadi sponsor Rio. Andai perusahaan besar termasuk BUMN mau menjadi sponsor Rio, ini akan menjadi kesempatan hebat untuk mengangkat kearifan lokal Indonesia di mata dunia. Dengan menjadi sponsor, itu artinya logo perusahaan Indonesai akan mejeng di mobil F1 Rio dan akan dikenal dunia.

Gue membayangkan perusahaan BUMN besar seperti Garuda Indonesia dan Telkom Indonesia masing-masing memberi 1 juta euro. Selain itu, Kementrian Pariwisata Indonesia memberi 2 juta euro, sekitar 14 milyar rupiah, dengan imbalan tulisan beserta logo “Wonderful Indonesia” bisa terpasang di mobil Rio. Untuk korupsi rarusan milyar rupiah aja bisa, masa cuma 14 milyar aja enggak ada? Selain itu gue juga ngebayangin, perusahaan air minum terbesar di indonesia yakni Aqua ikut mensponsori Rio dengan duit 500.000 euro atau sekitar Rp 7 milyar. Lagi, gue berhayal, perusahaan ban besar buatan Indonesia Achilles juga ikut andil dengan memberi setengah milyar untuk Rio. Juga, perusahaan elektronik Indonesia yakni Polytron ikut mensponsori Rio dengan setengah milyar juga.   

Dengan hayalan gue di atas, selain Rio terbantu secara financial, logo-logo perusahaan besar asli Indonesia juga akan terangkat di mata dunia. Ini yang disebut dengan kearifan lokal bersuara di mata dunia. Mobil F1 MRT Mercedes Rio dengan kearifan lokal nantinya bakalan dibalut logo-logo perusahaan nasional menjadi seperti berikut. Keren!




Gimana, keren kan walaupun kemampuan edit gue payah?

Seandainya khayalan gue ini nyata, pasti ini akan menjadi kearifan lokal Indonesia yang terpandang di mata dunia. Gue berharap kearifan lokal Indonesia diekspresikan dengan cara yang benar seperti di atas. Jangan sampai kearifan lokal Indonesia diekspresikan dengan cara yang salah seperti di bawah ini. Jangan! 




Dan juga kayak gini. Jangan! 



Well, this is the end of the post. Please subscribe and share the inspsiration!

13 comments:

  1. tapi sekarang Rio udah resmi kan main di FI. Nah wacananya Menpora mau motong gaji pegawainya buat bantu dana Rio ckck kaya gak ada perusaahn lain aja yang mau bantu danain yaa

    ReplyDelete
  2. kok malah jadi heboh banget ya mobilnya, jadi kaya metromini malah kalo sponsornya sebanyak itu, iya moga langkah Rio membawa nama baik Indonesia di kancah internasioanl bisa dimudahkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. namanya juga mobil balap, banyak lah sponsornya.

      Delete
  3. emang lagi anget-angetnya nih berita kesuksesan dari si Rio ini. dia emang keren banget, di usia yang masih muda tersebut bisa mengharumkan nama Indonesia, bahkan mewakili asia.

    tapi sayang banget kenapa yaa pemerintah Indonesia kok nggak malah tergugah semangatnya untuk support beliau. kalo diitung-itung dari perkiraan bang Oga diatas sih udah cukup kayaknya. yaa andai saja lah perusahaan besar-besar di Indonesia ini segera tergugah dan support ke Rio.

    semoga aja dua foto yang terakhir itu nggak terjadi yaa bang, lucu juga kalo mobilnya Rio nanti bakalan jadi kayak mobil anak-anak motor yang banyak stikernya haha

    ReplyDelete
  4. Iya betul pemerintah dan perusahaan dari Indonesia harus segera bantu Rio. Malu kan kalo sampai ada salah satu anak muda berbakat dr Indonesia yg ga mampu bayar padahal negaranya segede gini. Pasti bakalan tercoreng nantinya.
    Perusahaan besar kayak Freeport mestinya jadi sponsornya Rio. Jadi ga cuma ngeruk kekayaan Indonesia aja tapi juga peduli akan negara ini.
    Di foto pertama keren juga ya kalo semua sponsor dr Indonesia. Tapi yg kedua ga kalah keren unik aja ngeliatnya hehe. Keren editannya

    ReplyDelete
  5. Widih! Rio...! Kece banget. Mudah2an aku bisa begitu semangatnya. Kadang suka dipandang sebelah mata memang. Huhu...
    By the way, itu kaya tamiya ya haha... keren kok editingnya. :)

    ReplyDelete
  6. udah lumayan lama sih tau tentang kehebatan rio. dan ketika denger dia bisa masuk f1 tapi ada kendala dana, ya.. perasaan miris yang melanda. tapi, pada akhirnya dia ikut f1 juga dan selalu berusaha untuk menempatkan indonesia di posisi terdepan. bagaimana pun juga, kita harus support dia! :)

    ReplyDelete
  7. Wkwk stikernya parah yog yg terakhir..
    15 juta euro kali 14 ribu rupiah itu berapa si ya?

    Aneh, emg ya apa pemerintah ga punya dana segitu yah... Smoga aja pengalangan dana buat rio bisa terkumpul. Soalnya sayang bgt klo ga bs balapan lg gara2 ada masalah kekurangan dana -_-

    ReplyDelete
  8. Aku ngefans banget sama Rio, karena dia ganteng ehhh hehehe
    Semoga ya cepet dapat dana supaya Rio bisa berlenggang di kancah dunia. Plus nama BUMN maupun perusahaan Indonesia beisa dikenal dunia, kan keren :)
    Btw stiker gambar paling bawah LOL banget hahaa

    ReplyDelete
  9. kalo dipikir-pikir kasian si rio..
    bebannya berat...
    mudah2an dia menang lah...

    ReplyDelete
  10. Riooo... Ganteng yaak. Kalem2 gimana gtuu. Apalagi skrg maen iklan di qubicle. Bsa liat iklannya tiap hri euy! :D hihi.

    Tp akhirnya dia jd maen di F1 kan? Gak bgtu ngikutin crtanya sih, tp smpet tau jg klo lg kekurangan dana, apadaya, aku gak bisa ikut nyumbang:( nyumbang doa aja deh supaya dia menang.
    Untung aja gak smpe dibayarin org luar, kalo enggak mah gawat...

    Ah, iya jg itu kalo logo2nya dipasang di situ kan jd ngetop ntr. Btw, itu 15jt euro dikali 14.000 sama dengan calculator error nih, bang :')

    ReplyDelete
  11. Rio Haryanto. ehhmm semoga nama ini terus berkibar di dunia balap f1.

    Salam kenal
    Ezypulsa Ezy jual pulsa

    ReplyDelete

Profil Penulis

My photo
Penulis blog ini adalah seorang lelaki jantan bernama Nurul Prayoga Abdillah, S.Pd. Ia baru saja menyelesaikan studinya di bidang Pendidikan Bahasa Inggris. Ia berniat meneruskan studinya ke jenjang yang lebih tinggi untuk memperdalam ilmu Pendidikan Bahasa Tumbuhan, namun sayang belum ada universitas yang membuka jurusan tersebut. Panggil saja ia “Yoga.” Ia adalah lelaki perkasa yang sangat sayang sekali sama Raisa. Di kamarnya banyak sekali terpajang foto Raisa. Sesekali di waktu senggangnya, ia mengedit foto Raisa seolah-olah sedang dirangkul oleh dirinya, atau sedang bersandar di bahunya, atau sedang menampar jidatnya yang lebar. Perlu anda tahu, Yoga memiliki jidat yang lebar. Karna itu ia sering masuk angin jika terlalu lama terpapar angin di area wajah. Jika anda ingin berkonsultasi seputar mata pelajaran Bahasa Inggris, atau bertanya-tanya tentang dunia kuliah, atau ingin mengirim penipuan “Mamah Minta Pulsa” silahkan anda kirim pesan anda ke nurulprayoga93@gmail.com. Atau mention ke twitternya di @nurulprayoga.

Find My Moments

Twitter