Friday, 18 July 2014

Tips Hemat Bukber Ala Oga

Share it Please

Belakangan ini gue sering berhibenasi. Gue sering banget bangun setelah duhur. Padahal biasanya gue selalu bangun pagi. Sebagai lelaki tampan yang disegani ibu-ibu komplek perumahan, gue pun melakukan introspeksi diri. Setelah merenung beram-jam di bawah bedug musholah, gue pun menemukan penyebab utama gue berhibernasi, yakni karna ini bulan puasa.
Lo pasti kesulitan menemukan benang merah antara bangun siang dengan bulan puasa, sama halnya ketika kalian kesulitan menemukan apa hubungannya ekstrak kulit manggis dan perasaan gembira.
Bulan puasa kali ini bertepatan dengan libur UAS gue di kampus. Selama libur ini gue jarang ada kegiatan. Karna itu lah gue jadi pengangguran yang sibuk menganggur. Ditambah pula bulan puasa ini gue selalu ngantuk tiap pagi. Mangkanya gue males bangun pagi, dan selalu berhibenasi dengan bangun siang. Itu lah hubungannya bulan puasa dengan berhibenasi.
 Berbicara tentang bulan puasa, enggak lengkap rasanya tanpa kita habiskan dengan hal-hal yang khas dibulan puasa seperti, buka puasa bareng.
Ada yang bilang, saat puasa justeru pengeluaran kita makin besar. Salah satu penyebabnya utamanya adalah karna tuntutan buka puasa bareng. Kegiatan buka bareng memang sering dilakukan, seperti buka bareng temen-temen kampus, bukber bareng temen-temen SMA, buka bareng temen TK, buka bareng pacar kalo punya.
Hal tersebut memang membuat orang-orang berdompet slim kayak gue ini ketar-ketir. Gue shock. Bayangin ajah, sehari-hari gue biasa makan di rumah, paling sekali-kali makan di warteg, tapi menginjak bulan puasa, gue mesti buka puasa bareng kolega di restoran berkali-kali. Jelas, itu menyedot isi dompet gue.
Karna gue enggak mau tewas disebabkan kehabisan uang, gue pun memutar otak, mengkonsep strategi jitu agar gue bisa tetap buka bareng kolega dengan pengeluaran yang super minim sehingga gue masih bisa berbahagia di hari idul fitri kelak.
Baiklah, enggak perlu berbasa-basi terlalu lama, langsung ajah kalian cermati dan resapi tips hemat buka puasa bareng ala gue. Check this out guys!


1.     Pesen menu paket
Tips hemat pertama ketika buka puasa bareng adalah dengan memesan menu paket. Biasanya, penawaran menu paket di restoran harganya akan lebih murah ketimbang menu biasa. Sebagai contoh, kemarin ketika buka puasa bareng kolega, gue memesan paket hemat yang harganya cuma 18 rebu. Di paket itu gue dapet nasi bakar, ayam bakar, tempe + tahu goreng, lalaban dan sambel. Gila murah kan?! Coba kalo kita bandingin dengan menu biasa:
Nasi Bakar: 5 rb
Ayam bakar: 14 rb
Tahu+tempe goreng: 5 rb
Lalaban + sambel: 5rb
Total kalo kita memesan menu biasa = 29 rb.
Tuh kan, terbukti secara real bukan quick count, bahwa memesan menu paket bakal lebih hemat ketimbang pesen menu bisa. Ya walau pun memang sih, menu tersebut terbilang standar. Kurang gereget.

2.     Patungan sama temen
Setelah gue perhatikan, kita masih bisa pesan menu yang cukup gereget dan agak mahal saat buka puasa bareng dengan bandrol yang murah, asalkan dengan teknik yang brilian. Yakni patungan sama teman.
Sebagai contoh, lo memesan menu agak mahal seperti gurame saus tiram. Lo patungan sama temen sebelah buat pesen menu itu bareng, dan makannya pun barengan. Gue jamin, dengan patungan begitu, lo bisa menikmati kelezatan gurame saus tiram dengan harga yang terjangkau. Brilian kan ide gue?!

3.     Bukber gabungan
Selama bulan puasa ini, banyak diantara kita yang punya seabreg jadwal buka bersama. Misalnya hari ini buka bareng temen kampus, lusa bareng organisasi kampus, besoknya sama temen SMA, besoknya lagi buka bareng pacar, besoknya buka bareng mantan.
Dilihat dari rentetan tour buka bersama diatas, jelas akan membuat isi dompet  habis. Maka dari itu, gue punya strategi ampuh untuk meminimalisir keborosan tersebut.
Caranya adalah dengan menggabungkan beberapa event menjadi satu. Misal, pacar  lo adalah teman lo di organisasi kampus. Nah, agar menghemat anggaran, ada baiknya lo mengajak pacar lo untuk buka bersama bareng temen-temen organisasi. Dengan demikian, lo sudah menggabungkan dua event sekaligus. Lo bisa buka bareng temen organisasi sekaligus buka bareng pacar. Nah dengan demikian anggaran keuangan lo bisa sedikit lebih hemat.
Lo juga bisa megimprovisasinya. Kalo mantan dan pacar lo adalah teman kampus lo, lo bisa mengajak mereka berdua menghadiri acara buka bareng temen-temen kampus lo. Dengan demikian lo akan menghemat pengeluaran karna telah menggabungkan tiga event sekaligus. Cerdas!

4.     Bawa bahan makanan
Selain ide-ide cerdas di atas, gue juga merumuskan ide jitu seandainya kita berada dalam kondisi ekstrim (red: bokek), namun diundang buka bersama oleh kolega. Cara ini cukup mudah, yakni dengan cara membawa bahan makanan sendiri. Berikut penjelasannya.
Memang, menu di restoran kadang enggak manusiawi. Ayam bakar biasa ajah bisa dihargai sampe 15 ribu. Padahal kalo uang 10 ribu dibelikan ayam mentah bisa dapet seperempat kilo. Lumayan bisa dua sampai tiga potong dada ayam. Jadi, strategi kali ini adalah dengan membawa ayam mentah dari rumah, lalu minta dimasak di restoran. Gue yakin, dengan demikian, harga ayam bakar dengan membawa ayam sendiri dari rumah akan membuat harganya lebih murah. Gue jamin!
Lo juga bisa memfariasikan menu sesuai keinginan lo. Lo bisa membawa beras dari rumah, lalu minta di masak jadi nasi goreng. Lo bisa bawa telor, lalu minta dimasak jadi telor ceplok. Lo bisa bawa tempe mentah, lalu minta dimasak jadi rendang.
Bahkan ada cara agar lebih hemat lagi, yakni dengan membawa peralatan masak sendiri dari rumah. Bahkan kalo lo bawa tabung elpiji sendiri, mungkin bakal jauh lebih murah lagi.

5.     Bawa takjil sendiri
Ada cara lain untuk lebih berhemat ketika buka bersama. Sebelumnya, gue telah menjelaskan strategi membawa bahan mentah. Strategi tersebut memang ampuh untuk menekan anggaran, namun tetap saja sedikit mahal karna kita harus membayar jasa memasak restoran tersebut. Kali ini gue punya ide yang lebih hemat dari ide sebelunya. Yakni dengan membawa takjil sendiri ketika buka puasa bareng.
Dengan membawa takjil sendiri, lo enggak perlu membayar sepeserpun di restoran, kecuali bayar parkir motor. Ini benar-benar strategi gemilang yang berhasil gue pecahkan selama berabad-abad. Bahkan, kalo lo bisa lebih kreatif, lo bisa memasak takjil dalam jumlah banyak, lalu menjualnya secara eceran kepada kolega saat buka bersama. Bayangkan, dengan menerapkan strategi ini, lo enggak perlu harus mengeluarkan biaya untuk buka bersama, melainkan lo malah dapet penghasilan dengan berjualan takjil. Gokil nih memang!

6.     Buka puasa dirumah temen.
Tips yang terakhir bisa dibilang tips yang paling manusiawi. Karna tips ini mengajak kita untuk buka puasa bersama di rumah temen. Dengan melakukan tips ini, selain mendapatkan takjil secara geratis, juga mendapatkan pahala silaturahim kepada keluarga teman. Akan jauh lebih baik kalo bukan cuma buka puasa di rumah teman, tapi juga di rumah pacar, dirumah mantan, atau di rumah gebetan.

Well, demikianlah tips dan strategi menakjubkan yang telah gue temukan agar buka puasa bersama enggak membuat kita boros. Harapan gue, lo bisa menerapkan hal-hal di atas secara apik, sehingga bisa membawa manfaat positif buat kalian. Semoga ibadah puasa kalian lancar dan berkah. :-* *Kecup manja dari gue*


*artikel ini diikutsertakan untuk best artikel blogger energy*

11 comments:

  1. Gokil! Bacanya sambil makan buka puasa. Hehe. Menu cuma pindang, kerupuk, tahu, dan sambal. Wah, hebat ada yang buka pakai ayam bakar.Makin naik ke atas nilainya, makin absurd idenya untuk diterapkan, hahah. Benaran sudah coba praktikin poin di atas? Misal, kalo bawa tabung elpiji ke restoran, gimana kalau kompor dan tabungnya meleduk, becanda ding. Gimana seandainya malah kehabisan gas padahal masakan belom matang? Hahaha. Ini baru best article yang keren. :) Memadukan kesintingan dan kenekatan dalam manajemen kepepet.
    Selamat menjalankan ibadah puasa. Jangan keterusan hibernasinya. :) Dhuhaan dong.

    ReplyDelete
  2. Buka puasa di rumah temen itu kayak sebuah tradisi dah. Dan hingga saat ini masih banyak yang menganutnya wkwkwk

    ReplyDelete
  3. Poin empat parah. Hahaha. Mending bawa bekel dari rumah aja. Kita masak di rumah, trus dibawa ke tempat bukber. Jangan lupa bawa minum dr rumah. Jadinya cuma bayar parkir doang.:p *efek terlalu hemat

    Artikel keren. Cuma...di akhir postingan itu loh. Hahahha...Sereeeeeemmmm:p

    ReplyDelete
  4. Hahahahaha iya emang bulan puasa kayak gini pasti banyak yang ngajakin buat buka bareng, jarang gitu ada yang ngajak teraweh bareng atau tadarus bareng :3

    Ohya bang, itu restoran apaan dapet ayam bakar plus plus cuman 18k? Murah bingit :D
    Yang paling bener dan yang paling waras tuh ya yang jualan takjil, hahahaha

    ReplyDelete
  5. Nasi bakar itu rasanya kaya' apa kak?
    Jadi pengen nyobain,...
    Ajakin dong kak, trus foto-foto kaya' begituaaan...
    yaaa! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. nasi bakar tuh rasanya kayak... nasi yang dibakar.
      yuk buka bareng, kita bareng2 makan nasi bakar, kalo bisa sambil suap-suapan. nanti aku siapin skop.

      Delete
  6. Wahaha ini tips bagus buat anak kosan atau yang ngerantau......

    ReplyDelete
  7. waaaah, biasanya saya minta ditraktir sih sama temen kalo lagi bokek. hahaha
    tapi yang paling ekstrem itu yang bawa bahan mentah, kalo aku mending bawa takjil dari pada bawa barang mentahnya ribet. hehehe

    ReplyDelete
  8. udah deh kalo mau yang irit bingit tuh nggak usah bukabersamaaa..soalnya mau gimana juga bukber tuh malahan makin mahaaaaal...udah gitu khan maunya sama kek temennya, kalo temenna pesen yang mahal kan otomatis kita jugeee..udah yang hemat tuh pokoknya diem di rumah makan seadanyaaa...ada nasi makan nasi, tempe, mie, roti apa aja yang penting buka puasanggak harus bersama. udah gitu aja @.@

    ReplyDelete
  9. menu paket emang selalu murah bang tapi kadang ada yang mahal juga sih...
    tapi dimana-mana kalau lagi musim buka bersama gini, pasti bakalan menjamur paket murahnya,
    huahahaha
    Hidup hemat itu indah ya Bang Oga :D

    ReplyDelete
  10. Wahiya tips yang terakhir kayaknya yang paling oke, buka di rumah temen. Itu kan merdeka banget yak hahahahaha.. emang hidup pengangguran itu kudu memikirkan jalan hemat sebelum mengambil sebuah langka. Oke, semoga bisa bertahan hidup, bang!

    ReplyDelete

Profil Penulis

My photo
Penulis blog ini adalah seorang lelaki jantan bernama Nurul Prayoga Abdillah, S.Pd. Ia baru saja menyelesaikan studinya di bidang Pendidikan Bahasa Inggris. Ia berniat meneruskan studinya ke jenjang yang lebih tinggi untuk memperdalam ilmu Pendidikan Bahasa Tumbuhan, namun sayang belum ada universitas yang membuka jurusan tersebut. Panggil saja ia “Yoga.” Ia adalah lelaki perkasa yang sangat sayang sekali sama Raisa. Di kamarnya banyak sekali terpajang foto Raisa. Sesekali di waktu senggangnya, ia mengedit foto Raisa seolah-olah sedang dirangkul oleh dirinya, atau sedang bersandar di bahunya, atau sedang menampar jidatnya yang lebar. Perlu anda tahu, Yoga memiliki jidat yang lebar. Karna itu ia sering masuk angin jika terlalu lama terpapar angin di area wajah. Jika anda ingin berkonsultasi seputar mata pelajaran Bahasa Inggris, atau bertanya-tanya tentang dunia kuliah, atau ingin mengirim penipuan “Mamah Minta Pulsa” silahkan anda kirim pesan anda ke nurulprayoga93@gmail.com. Atau mention ke twitternya di @nurulprayoga.

Find My Moments

Twitter