Saturday, 1 June 2013

Hal yang Bisa Bikin Kita Inget Mantan

Share it Please
Kadang gue suka berpikir bahwa jatuh cinta itu hal yang sederhana, tanpa alasan. Tapi sebenarnya cinta adalah hal yang paling rumit di dunia. Cinta bukan sekedar ucapan, “Aku sayang kamu” dan “Aku juga sayang kamu.” Tapi cinta itu butuh pengorbanan, keseriusan, ketulusan, penantian, dan yang enggak kalah penting, melupakan.
 
Ungkapan bahwa cinta tidak harus memiliki itu benar. Cinta bukan selalu berarti kita di samping dia, tapi juga membiarkan dia memilih yang terbaik buat dia. Kalo kita yang terbaik buat dia itu sukur. Tapi yang jadi masalah adalah ketika dia memilih orang lain yang dia anggap lebih baik dari kita. Mau enggak mau dia harus dilepas, dan kita belajar ngelupain dia, mantan pacar!

Ngomongin soal mantan, gue jadi prihatin dengan mereka yang rentan banget galau karna sering keingetan mantan. Memang sih, menurut gue move on ngelupain mantan tuh susah. Gue sendiri yang baru di level ngelupain “Mantan gebetan” aja susah banget, apa lagi mereka yang sudah di level ngelupain “Mantan pacar,” orang yang notabene pernah menjadi bagian dari hidup mereka.
 
Walaupun gue belum merasakan gimana sulitnya ngelupain mantan pacar, tapi gue mau memberi tahu hal-hal apa saja yang bisa ngebuat kita keingetan dengan mantan pacar berdasarkan observasi gue. Well, berikut adalah hal tersebut:

1.    Lagu
Gue suka berpikir bahwa lagu adalah mesin waktu yang paling nyata di dunia ini. Sering banget ketika gue mendengarkan sebuah lagu, tiba-tiba pikiran gue melayang-layang, tiba-tiba gue keingetan hal-hal yang dulu pernah gue lewatin. Gue seakan terbawa ke masa lalu. Contohnya ketika gue mendengarkan lagu Pupus Dewa 19, gue jadi keingetan momen ketika dulu gue ditolak gebetan. Lalu ketika gue mendengarkan lagu D’ Massiv yang judulnya Cinta Ini Membunuhku, gue keingetan ketika gue hancur karna melihat langsung mantan gebetan gue jalan bareng cowoknya. Dan ketika gue mendengarkan lagu Kita Selamanya Bondan, gue jadi inget ketika gue berpisah sekolah dengan mantan gebetan gue. Iyah, sepertinya masa lalu gue begitu mengharukan, eh… mungkin tepatnya menyedihkan.
 
Oke tadi cuma curhatan gue aja sih. Nah, gue yakin, dari banyak lagu yang lo dengerin, pasti ada lagu yang spesial buat lo. Entah lagu itu spesial karna mewakili persaan lo terhadap mantan,  atau karna itu lagu kesukaan mantan lo dulu. Ketika lo mendengarkan lagu spesial itu, ending-nya pasti lo bakal keingetan deh sama mantan!

2.    Film
Lo masih inget kan momen-momen ketika nonton bareng pacar? Iyah, ketika lo duduk bersebelahan dengan pacar lo di bioskop, lalu lo tertawa bersama ketika ada adegan lucu di film, lalu menggenggam tangannya ketika ada scene romantis, dan kalo ada kesempatan, kalian berciuman?  Inget kan? Yup, momen-momen tersebut bakal mendadak muncul di benak ketika lo menonton kembali film yang pernah lo tonton bareng pacar dulu.

3.    Tempat yang Bersejarah
Tiap orang pasti punya tempat favoritnya sendiri untuk pacaran, dari tempat-tempat so sweet seperti taman, sampai tempat ekstrim seperti pekuburan. Gue juga masih enggak mengerti sih kenapa ada yang memilih kuburan sebagai tempat pacaran. Kalo pacaran di taman kan sudah jelas romantis, dan kalo mau ngegombalin pacar ketika pacaran di taman juga kan gampang. Misalnya gombalan seperti ini: “Sayang, kamu tuh setia banget seperti kumbang itu yang selalu menghampiri mawarnya setiap hari.”
 
Nah, kalo ngegombalin pacar ketika di kuburan kan aneh. Apa iya lo mau ngegombalin pacar dengan kata-kata seperti ini: “Sayang, kamu tuh setia banget seperti penjaga kuburan itu yang selalu membersihkan kuburan-kubran ini setiap hari.”
 
Tapi, se-aneh apapun tempat pacaran, itu akan menjadi kenangan ketika dia sudah jadi mantan. Misalkan ketika lo sedang berjalan-jalan di taman, lalu tanpa sengaja melewati bangku kenangan tempat lo biasa menghabiskan waktu bareng mantan lo dulu, otomatis lo bakal teringat mantan lo. Lo bakal teringat saat-saat lo berbincang berdua, memetik bunga lalu lo selipkan di telinganya.

4.    Melihat Orang Pacaran
Beban hidup seorang jomblo yang baru recover setelah putus cinta itu memang berat, sehingga mereka menjadi sosok yang sensitive. Mereka gampang banget galau hanya karna hal-hal kecil, contohnya melihat orang pacaran. 
 
Melupakan mantan memang sulit, tapi untuk keingetan itu gampang banget. Si Udin sudah susah payah melakukan berbagai kesibukan demi melupakan mantan, eh begitu dia pergi ke kantin kampus dan melihat ada couple yang lagi suap-suapan, dia langsung keingetan mantannya dan akhirnya dia galau. Saat Udin berkendara di jalan, lalu dia melihat couple yang sedang berboncengan sambil berpelukan mesra, dia pun langsung galau. Ketika Udin sedang berziarah kubur, di dekatnya ada couple yang lagi pacaran sambil suap-suapan bunga kamboja, saat itu juga dia langsung nangis. Dia bukan nangis karna terlalu khusuk berdoa di kuburan, tapi nangis karna keingetan dulu juga dia pernah pacaran di kuburan.
 
Yup, melihat orang lain melakukan kegiatan yang dulu biasa kita lakukan memang bisa membuat kita flash-back ke masa itu.
 
5.    SMS So Sweet
Gebetan adalah orang yang paling mendominasi inbox di hape gue. Bahkan lebih mendominasi inbox tagihan utang pulsa dari temen-temen yang gue hutangin. Selain ngedominasi, SMS-SMS dari gebetan tuh berasa berat untuk dihapus, terutama SMS yang so sweet yang ngebuat gue ge’er. Contohnya saat itu gue nonton layar tancep film bareng gebetan. Lalu selesai nonton, dia mengirim SMS ke gue yang isinya: “Ga, makasih ya untuk hari ini. Walaupun tadi tangan gue gatel-gatel gara-gara alergi  kedinginan, tapi gue seneng karna ada lo di samping gue.” Berrr, gue girang banget. Saat itu juga gue langung salto dan rol depan sepuluh kali, dengan diakhiri kepala gue terbentur tembok. Nah, SMS-SMS yang seperti itulah yang berat banget untuk gue hapus, dan akhirnya cuma bisa bersemayam tenang di inbox gue.
 
Gue yakin itu enggak cuma terjadi dengan gue, tapi juga terjadi pada semua orang. Cuma yang ngebedain, kalo gue baru sebatas gebetan. Bayangin deh, apa yang kita rasain ketika kita enggak sengaja membaca SMS mantan yang dulu belum kita hapus. Yup, bakal langsung keingetan!

6.    Barang Peninggalan Mantan
Lo jangan seneng dulu kalo punya pacar yang suka memberi barang-barang ke lo. Lo harus hati-hati! Bisa-bisa semua barang yang pernah dia beri menjadi boomerang tersendiri buat lo. Segala hal yang ada kaitannya dengan mantan bakal membuat lo susah move on, termasuk berbagai barang yang pernah dia beri.
Bayangin deh, semisal mantan lo pernah memberikan sisir buat lo. Tiap lo mau nyisir mau-enggak-mau lo jadi keingetan dia. Terus kalo dia ngasih jam tangan, tiap lo mau tau jam berapa, lo langsung galau karna inget dia. Terus kalo dia memberikan flash-disk, tiap lo mau nge-print tugas di warnet, lo langsung nangis karna keingetan dia juga. Masa-masa move on lo bakal enggak maksimal. Lo bakal keingetan mantan terus selama masih nyimpen barang peninggalan dia.
 
Maka dari itu bersukurlah kalian yang mantannya suka meminta kembali semua barang yang pernah dia beri selama pacaran. Ambil sisi positifnya! Se-enggaknya lo bisa lebih mudah ngelupain dia, karna enggak ada lagi barang yang ngebuat lo keingetan dengan dia.

Well, itu lah enam hal yang bisa ngebuat kita keingetan mantan. Semoga penjelasan gue di atas bisa menjadi petunjuk buat lo untuk lebih mudah melupakan mantan. Atau seenggaknya membuat lo terhindar dari galau berkepanjangan akibat keingetan mantan! Tapi, kalo lo susah ngelupain mantan sendirian, carilah orang yang bisa ngebantu lo ngelupain dia. Daahh! *Kabur sambil nunjukin muka unyu*

11 comments:

  1. KAMPRET ! KAMPRET ! KAMPREEET !!!

    Gue skip juga nih postingan ! Huh -,-

    Lagu, adegan mesra bareng mantan, kenangan dan semuanya hhh kampret lo bang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yah, masa gue sudah capek2 observasi, lo enggak mau baca? T,T

      Delete
  2. satu lagi bang...ketemu mantan langsung...itu hal yang paling bisa bikin inget lagi..hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. yayiya lah bang, lu ketemu bokapnya juga pasti keingetan, keingetan kumisnya. ehehe


      ga ternyata ini toh postingannya, pake anyain lagu segala haha oke ngarti
      barang peninggalan mantan itu paling gak bisa gue buang soalnya perlu ga, hehe baju men

      Delete
  3. dan ketika temenan sama pacaranya mantan.
    dan ketika ngeliat foto mantan sama pacarnya yang baru berkeliaran
    dan ketika ketemu sama mantan
    *backsound: Sang Mantan*

    ReplyDelete
  4. Gue gak punya mantan wkwkwk :D
    tapi sedikit-sedikit gue ngertilah apa yang dimaksud, mungkin bisa aku kasih tau sama temen-temen hehe

    ReplyDelete
  5. kalau aku sih ingat selalu sih sama mantan, kasian dong kalau dilupain, hahaha #GagalMoveOn
    tapi emang benar, lagu dan tempat bersejarah bagi aku emang paling mengingatkan -____-

    ReplyDelete
  6. Yang paling gue kangenin sama mantan gebetan gue itu, nonton bareng sama ngerjain tugas bareng. Yang shok-shok-an fokus sama tugas gitu, padahal modus. Haha

    ReplyDelete
  7. yaaaah, ini pasti bikinnya sama gaalau maksimal gitu ya YOga. hahaha..sabar ya, cinta memang begitu..tapi ya namanyajuga masa lalu, mau denger lagu berkali kali, liat film berjuta kali, toh yang tersisa cuma sisa sisa cinta dan kenangan yang semakin pudar, jadi nikmati sajaaa..ahahha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asikk!! Keren kata-katanya, "Kenangan yang semakin pudar."

      Delete
  8. cinta itu hal yang membuat bingung selalu...

    ReplyDelete

Profil Penulis

My photo
Penulis blog ini adalah seorang lelaki jantan bernama Nurul Prayoga Abdillah, S.Pd. Ia baru saja menyelesaikan studinya di bidang Pendidikan Bahasa Inggris. Ia berniat meneruskan studinya ke jenjang yang lebih tinggi untuk memperdalam ilmu Pendidikan Bahasa Tumbuhan, namun sayang belum ada universitas yang membuka jurusan tersebut. Panggil saja ia “Yoga.” Ia adalah lelaki perkasa yang sangat sayang sekali sama Raisa. Di kamarnya banyak sekali terpajang foto Raisa. Sesekali di waktu senggangnya, ia mengedit foto Raisa seolah-olah sedang dirangkul oleh dirinya, atau sedang bersandar di bahunya, atau sedang menampar jidatnya yang lebar. Perlu anda tahu, Yoga memiliki jidat yang lebar. Karna itu ia sering masuk angin jika terlalu lama terpapar angin di area wajah. Jika anda ingin berkonsultasi seputar mata pelajaran Bahasa Inggris, atau bertanya-tanya tentang dunia kuliah, atau ingin mengirim penipuan “Mamah Minta Pulsa” silahkan anda kirim pesan anda ke nurulprayoga93@gmail.com. Atau mention ke twitternya di @nurulprayoga.

Find My Moments

Twitter